expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tips memilih bakalan murai batu

Harga murai batu yang sudah jadi sangatlah melambung apalagi untuk hobiis berkantung cekak(kayak saya).Melambungnya harga murai batu memang seadan dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh si murai dan juga di karenakan habitatnya di alam sudah menipis. Nah, untuk yang pengin memelihara murai batu tetapi isi kantong terbatas, ada alternatif yang bisa di ambil yaitu dengan membeli burung murai tangkapan. Tapi bila kita membeli burung murai hasil tangkapan, kita harus jeli dan sangat teliti dalam memilih karena kalau salah pilih bisa bisa kita hanya membuang duit percuma. Berikut akan saya kasih beberapa tips buat yang ingin membeli burung murai batu tangkapan semoga membantu.

Adapun tips/ cara memilih murai batu bakalan yang berkualitas/ bagus adalah sbb:
- Mata Murai Batu

Hindari membeli MURAI BATU (MB) yg kelihatan tanda adanya katarak, yaitu selaput berwarna putih pd bola mata. MURAI BATU (MB) yg sdh katarak, resiko menjadi buta sangat tinggi sekali.

- Kaki Murai Batu

Usahakan memilih burung MURAI BATU dengan kaki yang berwarna hitam, karena MURAI BATU yg mempunyai warna hitam pd kakinya di yakini mempunyai mental berani. Juga perlu diperhatikan juga hindari memilih MURAI BATU yg mempunyai kuku kaki bagian belakang (kelingking) berwarna tdk sejenis, yaitu satu hitam satu lagi putih, karena dipercaya sifatnya labil, kadang-kadang hebat kadang-kadang down.
- Ekor Murai Batu.

Sebaiknya mempunyai ekor rapat & tdk terlalu tebal. Ekor yg seperti ini enak dipandang mata, & juga akan membuat MURAI BATU memainkan ekornya pd saat ditrek. Tetapi kalau bisa hindari membeli MURAI BATU dgn ekor bercabang atau menggunting karena diyakini mempunyai mental labil. Tidak lupa jg hindari memilih MURAI BATU (MB) yg tdk punya ekor, karena kita tdk tahu bagaimana bentuk & jenis ekor dari MURAI BATU tsb, jika ekornya sdh tumbuh.Sebaiknya cari dan pilih murai batu yang panjang ekor dan tubuhnya serasi karena hal tersebut selain enak di pandang juga mecirikan bahwa murai tersebut mempunyai mental yang baik.

Kenali murai jantan

Usahakan memilih murai jantan secara fisik, burung jantan memiliki tubuh besar dan lebar, ekor panjang dan lebar, kaki panjang dengan sisik sedikit kasar, paruh panjang kokoh dan agak tebal. Bulu-bulunya tidak begitu kasar, bulu putih di punggung melebar, sedangkan bulu hitam lebih berkilau (terutama pada batasan antara bulu hitam dan cokelat).

Bulu Dada Murai Batu.

Sebaiknya memilih MURAI BATU (MB) yg mempunyai bulu dada cenderung berwarna kekuningan, karena MURAI BATU (MB) bakalan biasanya akan cepat berbunyi & cepat juga jadi.Namun kebayakan MURAI BATU (MB) mempunyai bulu dada berwarna coklat. Usia Murai Batu

Jangan pernah menilai usia MURAI BATU (MB) hanya berdasarkan pengamatan pd kaki, ini bisa menipu. Tipsnya perhatikan rongga mulutnya, Jika masih berwarna putih atau sedikit cerah, maka MURAI BATU (MB) tersebut masih muda, jika sdh berwarna hitam berarti MURAI BATU (MB) tsb sdh tua & semakin pekat warna hitamnya, semakin tua usia MURAI BATU (MB) tsb.
MURAI BATU (MB) bakalan yg muda mempunyai tanda bulu yg masih berbintik cokelat pada bagian sayap sebelah luar maupun sayap sebelah dalam.

Tingkah Laku Murai Batu.

MURAI BATU (MB) bakalan yg saat dipegang menjerit & berusaha mematuk jari tangan , maka sifat dari MURAI BATU (MB) tsb adalah berani.

Bentuk paruh

Sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.

Bentuk kepala

Pilih yang berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.

Postur badan
Pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.

Sayap
Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.

Leher

Cari murai yang berleher panjang padat berisi, karena burung yang berleher panjang di yakini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar