expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Faktor penting dalam ternak kenari

Dalam dunia peternakan ada alur proses secara alamiah yang harus diikuti tidak bisa dipaksakan. Dimana setiap makhluk hidup akan mengalami siklus bereproduksi setelah dewasa, demikian juga dengan kenari…. Kenari akan bereproduksi setelah mencapai usia tertentu (dewasa) kita tidak bisa memaksakan untuk mempercepat bereproduksi….. Dari beberapa sumber yg saya pernah baca ada 3 faktor yang menentukan sukses atau tidaknya beternak kenari yaitu :
Usia Kenari
Usia yang ideal bagi kenari sekitar 6 bulan keatas untuk kenari betina dan untuk kenari jantan sekitar 8 bulan, walaupun kadang-kadang ada peternak yang mulai menjodohkan kenari pada usia 4 bulan…. Kenapa saya merekomendasikan usia siap ternak kenari pada usia 6 bulan ?….. karena pada usia 6 bulan alat reproduksi sudah matang…. Pada usia 4 bulan sudah bisa diternak tetapi alat reproduksi dan kejiwaan-nya belum bekerja optimal akibatnya indukan kenari bisa bereproduksi tetapi anak yang dihasilkan tidak optimal seperti anak mati dalam telor (tidak menetas), walaupun telor netas anaknya jarang hidup sampai dewasa karena kejiwaan induknya masih labil sehingga belum bisa merawat anaknya dengan baik…. bisa cacat atau anaknya mati dibuang keluar sarang…… Dan yang paling utama jika indukan diternak pada usia dini masa produksi indukan tidak lama.
Kesehatan Kenari
Faktor kesehatan juga sangat menentukan dalam beternak, dimana jika kesehatan indukan optimal maka akan meningkatkan libido indukan untuk bereproduksi….. Untuk memelihara kesehatan kenari kebersihan kandang harus diperhatikan… pakan yang bergizi diselingi dengan pemberian vitamin untuk mencukupi gizi yang tidak ada didalam pakan bijian dan jangan lupa agar rutin menjemur dipagi hari. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat buat kesehatan dan bisa meningkatkan libido kenari….
Lokasi Kandang ternak
Walaupun kenari merupakan burung yang sudah mengalami pengembangan lewat campur tangan manusia berpuluh-puluh tahun yang lalu. Burung kenari bisa cepat berdaptasi dengan berbagai lingkungan mulai dari lingkungan kumuh sampai lingkungan elit. Mulai dari suhu rendah sampai suhu tinggi tetapi memerlukan kondisi tertentu yang mendekati lingkungan ideal bagi kenari yang akan diternak…. Ada beberapa indukan yang sensitif terhadap kondisi kandang/sangkar ternak. Penempatan sangkar ternak diusahakan terlindung dari cuaca luar, lalu lalang binatang atau serangga.
Bagi Anda pemula jangan takut mencoba ternak kenari jika masih gagal ternak kenari coba selidiki dari 3 faktor tersebut faktor apa saja yang masih harus ditingkatkan…. Demikian tetap semangat untuk beternak kenari…………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar